Advertising

50 PENYAIR INDONESIA

PROGRAM BUKU PUISI – PROSA LIRIS
50 PENYAIR INDONESIA
TEMA KRITIK SOSIAL


LATAR BELAKANG PENERBITAN

Majunya teknologi membuat dunia sastra kian berkembang. Menjamurnya penerbitan buku baik dalam bentuk soft copy maupun hard copy menjadi sebuah kegembiraan tersendiri. Namun perlu disadari bahwa minimnya minat baca masyarakat Indonesia adalah menjadi momok yang menghantui para penerbit buku. Begitu banyak penerbit yang gulung tikar , atau setidaknya menjadi enggan menerbitkan buku puisi atau prosa liris karena genre dianggap tidak laris ‘jual’. Teater Sastra Welang menyadari semua ini, dan telah membuktikan dalam penerbitan buku sebelum - sebelumnya. Pilihannya adalah mati atau mati. Namun kami menolak mati. Kita menolak mati. Pendanaan yang menjadi kendala utama tentunya bisa dicarikan jalan keluar dengan sistem urunan antar para penyair yang tergabung dalam antologi ini. Dengan demikian mohon permakluman jikalau penerbitan buku ini memiliki sistem kerja yang berbeda dengan program sebelumnya. Bahwa setiap gagasan musti dilaksanakan. Bahwa setiap keinginan patut diperjuangkan. Maka dari itu proposal ini kami kirimkan pada mereka yang tertarik bergabung dalam buku ini. Jikalau belum berkenan dengan sistem ini kami juga menghaturkan terimakasih atas dukungan selama ini.

LATAR BELAKANG TEMA

Bangsa Indonesia , sebagai bangsa yang besar tidak luput dalam segala permasalahan sosial yang melingkupinya. Beragam permasalahan di antaranya penindasan hak asasi manusia, perusakan lingkungan, mahalnya biaya pendidikan, biaya rumah sakit yang melangit , juga kasus ‘korupsi tiada henti’ dan ribuan kasus lainya menunjukkan bahwa tak akan ada perubahan tanpa perlawanan. Bahwa setiap warga negara berhak untuk mendapatkan kehidupan yang layak.

Buku ini akan mengambil tema kritik sosial kepada Negara Republik Indonesia terhadap segala ketimpangan yang terjadi dalam penyelenggaraan Negara. Otokritik musti dibangun. Dan peran semua element masyarakat menjadi penting,termasuk para sastrawan dalam hal ini penyair melalui puisi ataupun prosa liris diharap mampu memberi dukungan kepada segenap element masyarakat yang mencita-citakan kehidupan lebih baik.

TUJUAN

1. Media ekspresi kesustraaan akan segala permasalahan bangsa. Untuk dapat menggugah para penentu kebijakan agar berupaya menuju kehidupan bangsa yang lebih baik
2. Ingin menunjukan pada masyarakat umum bahwa penulisan puisi tidak hanya diidentikan dengan karya bernuansa lembut dan halus, dengan karya yang hanya penulisnya saja yang mengerti.
3. Ingin menunjukkan besarnya kepedulian kalangan penyair terhadap permasalahan sosial di masyarakat. Bahwa penyair tidak hanya bisa menulis karya mengenai embun dan bulan.
4.Ajang saling silaturahmi karya antar 50 penyair se Indonesia.

KETENTUAN UMUM

1. Tema :
KRITIK SOSIAL mencakup penindasan hak asasi manusia, perusakan lingkungan, kemiskinan, mahalnya biaya pendidikan dan biaya rumah sakit, korupsi dan lain lain
2. Kategori: umum
3. Karya tidak mengandung unsur-unsur SARA.
4. Karya yang dikirim harus karya sendiri (orisinil), bukan karya orang lain, bukan pula saduran atau terjemahan.
5. Karya puisi atau prosa liris belum pernah dipublikasikan dalam bentuk buku dan tidak sedang diikutkan dalam perlombaan tertentu.
6. Setiap peserta cukup mengirimkan 3 karya puisi atau prosa liris.
7. Antologi ini akan memuat 150 karya Puisi dan Prosa Liris dari 50 Penyair Se Indonesia baik itu lintas generasi maupun lintas geografis.
8. Penyair yang tergabung dalam buku ini adalah mereka yang melakukan registrasi sebesar Rp. 150.000 / orang (sudah termasuk ongkos kirim )
9. Tiap penyair akan mendapatkan 7 buah buku antologi 50 Penyair Indonesia Tema Kritik Sosial
10.Harga buku di pasaran adalah Rp. 35.000
11. Tidak ada sistem royalti antara penulis dan penerbit Sastra Welang.
12. Hak Cipta karya ada pada penulis.
13. Target rilis buku : November 2012


KETENTUAN PEMBAYARAN
1. Mereka yang tergabung dalam antologi buku ini adalah 50 Penyair Pertama yang melakukan registrasi .

2. Registrasi kesediaan partisipasi melalui sms ke nomer 0878 6022 9862 untuk boking tempat.

3. Registrasi pembayaran sejumlah Rp. 150.000 dilakukan via Bank transfer ke account
MANDIRI : 900-000- 1694 - 372 a/n Moch Zaenal Efendi
BCA : 7680 2575 79 a/n Moch Zaenal Efendi

4. SMS konfirmasi bahwa telah melakukan transfer dan mengirimkan scan bukti transfer ke email mochsatriowelang@gmail.com. Batas pengiriman dana : 21 Juni 2012.
Pendaftaran ditutup sewaktu – waktu apabila quota telah terpenuhi.

5. Mengirimkan karya dan berkas – berkas lainnya ke email mochsatriowelang@gmail.com
berupa
1. 3 buah karya puisi atau prosa liris yang telah dikurasi dan diedit oleh penulis masing masing .
2. Foto , biodata dan profil singkat berikut nama jelas atau nama pena ( jika ada )
3. Membubuhkan alamat surat, no telpon dan handphone yang bisa dihubungi.

Demikianlah proposal kerja sama ini kami kirimkan. Semoga dapat terjalin kerja sama yang baik di masa – masa mendatang.
Salam Sastra,
Denpasar, 11 Juni 2012

ttd.
Moch Satrio Welang
Sastra Welang Publisher

Phone: 0878 6022 9862
mochsatriowelang@gmail.com
www.satriowelang.com
FB : Moch Satrio Welang
Skype : satria_welang

1 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah membaca artikel blog sastra semoga bermanfaat,, silahkan berkomentar atau kritik dan akan saya beri tanggapan seluruh komentar saat tersedia waktu sebab admin tidak online 1x24 jam penuh, akhir kata selamat berbagi dan salam sastra.

Translate This Blog

French English Japanese Spanish
Powered by
Widget translator
kirim karya kalian baik itu cerpen,puisi atau info seputar sastra
Kirim ke harijogja@mail.com
foto diri untuk ditampilkan dibawah karya tertayang.

Followers