blog tentang segala yang asik dan menarik

Tuesday, March 20, 2012

Lomba Essay 2012

Deadline: 8 Mei 2012
Tema : “Transformasi Koperasi Indonesia di Era Globalisasi”
Ikuti dan dapatkan total hadiah senilai 6 juta rupiah!
Persyaratan Umum


  1. Call for Essay 2012 adalah lomba perorangan (tidak berkelompok). Setiap peserta harus merupakan mahasiswa aktif (S1/D3) dan harus dibuktikan dengan Kartu Mahasiswa atau surat keterangan dari Universitas.
  2. Panitia Call for Essay 2012, seluruh anggota Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), wartawan, ataupun penulis buku profesional tidak diperkenankan mengikuti lomba ini.
  3. Pembayaran harus dilakukan maksimal 2×24 jam setelah peserta melakukan pendaftaran. Apabila persyaratan ini tidak dipenuhi, panitia berhak mendiskualifikasi peserta tersebut dan tidak diperkenankan mengikuti kompetisi.
  4. Setiap peserta harus datang tepat waktu dan mengikuti seminar serta kompetisi yang diadakan. Setiap peserta juga harus mematuhi jadwal yang sudah ditentukan oleh panitia.
  5. Seluruh peserta diwajibkan berpakaian sopan dan rapi, serta  mematuhi peraturan yang berlaku di Prasetiya Mulya.
  6. Untuk segala bentuk pelanggaran seperti yang dijelaskan dalam buku panduan acara, panitia berhak memberikan sanksi pemotongan nilai sampai dengan diskualifikasi kelompok yang melakukan pelanggaran.
  7. Segala keputusan panitia dan juri adalah bersifat MUTLAK dan tidak dapat diganggu gugat.
  8. Hasil essay dikirimkan dalam bentuk softcopy (via email) dalam bentuk Ms Word (format .doc atau .docx) atau Adobe (format .pdf)
  9. Hasil essay dapat dikirimkan ke :
    • cfeprasmul@yahoo.com
    • NOTE : Wajib melakukan konfirmasi via SMS kepada Contact Person (Hagi Adhityo) setelah mengirimkan softcopy essay ke e-mail Call for Essay
  10. Biaya pendaftaran sebesar Rp 40.000 dikirimkan melalui rekening BCA :
    • A/C 7680209787
    • A/N Victor Yap
    • NOTE : Wajib melakukan konfirmasi via SMS kepada Contact Person (Victor Yap) setelah melakukan transfer untuk biaya pendaftaran
Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:

Jessica Livia- 0858-88388885 (jessica.livia@ymail.com)
Ricky Djohan - 081287802735 (ricky_djohan@ymail.com)

Kegiatan
Seminar
Seminar mengenai penyusunan pengolahan kasus yang baik akan dibawakan oleh praktisi yang berpengalaman dalam bidang koperasi dan usaha kecil dan menengah (UKM). Selain itu juga akan ada sharing session mengenai strategi dan langkah-langkah apa saja yang dilakukan oleh case contributor (Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah) yang telah bekerjasama dengan pihak panitia dalam memberikan kasus yang diperlombakan.
Talk with The Expert
Kegiatan dalam bentuk workshop ini akan diisi oleh pembicara yang memiliki kapabilitas dalam mengolah sebuah kasus menjadi sebuah essay. Workshop ini dibagi menjadi dua segment. Segment pertama akan diisi oleh seorang ahli struktur dan tata bahasa yang akan memberikan gambaran kepada peserta bagaimana sebuah esai ditilik dari sudut pandang penilai. Sedangkan untuk segment kedua akan diisi oleh seorang pembuat esai yang memiliki pengalaman berkompetisi dalam skala nasional dan internasional, dimana ia akan berbagi pengalamannya serta mengupas dari sudut pandang peserta sebagai pembuat esai. Kelak kegiatan ini akan menjadi salah satu sarana memperdalam ilmu pembuatan essay yang pasti akan menjadi investasi berharga bagi setiap peserta yang mengikuti kompetisi Call For Essay 2012.
Kompetisi
Setiap peserta Call For Essay 2012 memiliki kesempatan untuk menyusun sebuah essay bertema “Transformasi Koperasi Indonesia di Era Globalisasi” dalam rentang waktu satu setengah bulan, yakni 23 Maret – 8 Mei 2012. Esai tersebut akan diseleksi oleh juri selama dua minggu (9 – 21 Mei 2012). Pada hari pelaksanaan (22 Mei 2012), akan dipilih lima orang finalis dimana tiap finalis memiliki kesempatan untuk mempresentasikan karya mereka di hadapan peserta dan tim juri.
TEMPAT DAN TANGGAL PELAKSANAAN
Tempat :
Auditorium Lantai Empat (4)
Gedung William Soeryadjaya Prasetiya Mulya Business School
Kampus BSD Kompleks Edutown Kavling 1 No. 1
Jalan BSD Raya Barat I, Tangerang Selatan, 15339
Waktu :
Selasa, 22 Mei 2012 pukul 09.00 – 16.30 WIB
Peraturan Teknis
  1. Setiap peserta wajib mengumpulkan esai selambat-lambatnya 8 Mei 2012 pukul 12.00. Ketentuan pembuatan essay sebagai berikut :
    • Batas pengetikkan : kiri, atas, kanan, dan bawah 2,5 cm
    • Naskah esai diketik sebanyak 4.000-6.000 karakter (termasuk spasi)
    • Naskah esai diketik dengan 1,5 spasi pada kertas berukuran HVS A4 jenis huruf Times New Roman dan ukuran font 12
    • Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan yang  Disempurnakan (EYD)
    • Judul diketik dengan huruf kapital dan sertakan nama penulis dibawah judul
  2. Setiap peserta harus menyiaapkan presentasi, sebab pemilihan Finalis Tiga Besar akan diumumkan pada tanggal 22 Mei 2012 (hari pelaksanaan). Finalis Tiga Besar harus siap untuk mempresentasikan esai (menggunakan Microsoft powerpoint) selama maksimal 10 menit + 10 menit tanya jawab di depan juri. Panitia berhak memberhentikan presentasi apabila sudah melewati batas waktu yang ditentukan.
  3. Karya yang diserahkan menjadi hak milik panitia namun hak cipta tetap milik peserta
  4. Peserta dapat mengirimkan maksimal hanya satu karya
  5. Esai yang dikirimkan merupakan hasil karya asli peserta (original) dan belum pernah dipublikasikan dan/atau diikutsertakan dalam lomba lainnya
  6. Peserta wajib menuliskan catatan kaki apabila melakukan pengutipan dari suatu sumber. Plagiarisme atau melakukan pengutipan dari suatu sumber tanpa menuliskan catatan kaki dapat berakibat peserta didiskualifikasi dan karyanya tidak diikutsertakan dalam kompetisi.
Fasilitas
1.       Setiap peserta akan mendapat satu kali makan siang dan dua kali snack pada hari Selasa, 22 Mei 2012.
Kriteria Penilaian
Tahap I : Penilaian Essay
1.       Ketepatan pengunaan tata bahasa (25%)
2.       Isi dan materi esai secara menyeluruh (25%)
3.       Originalitas ide dan solusi (25%)
4.       Aspek analisa terhadap tema yang diberikan (25%)
Tahap 2 : Penilaian 3 Finalis
1.       Teknik Presentasi Essay (30%)
2.       Isi Presentasi (Esai) (40%)
3.       Problem Solving (30%)
Hadiah
Juara 1 : Piala + Sertifikat + Rp3.000.000,00
Juara 2 : Piala + Sertfikat + Rp2.000.000,00
Juara 3 : Piala + Serifikat + Rp1.000.000,00
Untuk info lebih lengkap, silakan buka blog resmi kami http://www.callforessay.blogspot.com atau follow twitter @callforessay
by Student Board S1 Prasetiya Mulya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Lomba Essay 2012

1 comments:

  1. Sayang sekali, ide-ide manusia kita ternyata masih harus ditentukan oleh sertifikasi S1/D3, inilah politisasi kapitalisme terhadap anak bangsa yang tak punya sertifikasi tersebut, namun punya kualitas dan kemampuan, saya hanya hanya lawan segala bentuk diskriminasi, seharusnya semua orang berhak mengajukannya tanpa harus ditentukan oleh sertifikasi Ijazah, "Bangsa Kita Bangsa Ijazah"

    ReplyDelete