blog tentang segala yang asik dan menarik

Tuesday, March 13, 2012

ARUH SASTRA KALIMANTAN SELATAN IX


Banjarmasin, 14-16 September 2012

Di Kota Seribu Sungai
Seni Budaya Kita Kayuh Baimbai

Sekapur Sirih

            Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) adalah agenda budaya yang berlangsung sekali dalam setahun, setelah ASKS I di Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (2004), ASKS II di Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu (2005), ASKS III di Kotabaru, Kabupaten Kotabaru (2006), ASKS IV di Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (2007), ASKS V di Paringin, Kabupaten Balangan (2008), ASKS VI di Marabahan, Kabupaten Batola (2009),  ASKS VII di Tanjung, Kabupaten Tabalong (2010), ASKS VIII di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (2011) dan ASKS IX di Kota Banjarmasin (2012).
            Pedoman Pelaksanaan ini dibuat sebagai panduan bagi panitia pelaksana dan peserta acara. Kepada semua pihak diharapkan bantuan, dukungan dan partisipasinya, agar seluruh kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

A.    Dasar Pelaksanaan
1.      ASKS IX di Kota Banjarmasin dilaksanakan atas amanat/mandat/rekomendasi Sidang Pleno ASKS VII di Tanjung, Kabupaten Tabalong (2010), ditegaskan lagi dalam Sidang Pleno ASKS VIII di Barabai, Kabupaten Hulu Tengah (2011).
2.      Amanat/mandat/rekomendasi tersebut disetujui dan ditandatangani bersama oleh wakil-wakil peserta 13 kabupaten/kota Kalimantan Selatan.

B.     Maksud dan Tujuan
1.      Kegiatan berupa acara sastra, seni dan budaya berskala Provinsi Kalimantan Selatan.
2.      Bertujuan meningkatkan apresiasi masyarakat Kota Banjarmasin, khususnya, dan  Kalimantan Selatan, umumnya, terhadap sastra, seni dan budaya.

C.    Sasaran
1.      Meningkatkan kualitas dan produktifitas karya sastra, seni dan budaya melalui lomba, dialog, sarasehan, diskusi, penerbitan buku hasil lomba dan gelar sastra.
2.      Siswa SLTP/SLTA dan guru kesenian/guru mata pelajaran Bahasa Indonesia Kota Banjarmasin dapat lebih mengenal dan berinteraksi dengan sastrawan/budayawan 13 kabupaten/kota Kalimantan Selatan yang keberadaannya tidak banyak diketahui pendidik beserta anak didiknya, akibat kurikulum pendidikan yang tidak mengajarkan pengetahuan tentang karya sastrawan Indonesia di daerah.

D.    Bentuk Kegiatan
1.      Lomba Cipta Puisi Nasional ASKS IX.
2.      Lomba Mengarang Nasional Cerpen ASKS IX.
3.      Lomba Mengulas Karya Sastra (LMKS) Kategori Pelajar, Mahasiswa dan Umum Kalimantan Selatan.
4.      Penerbitan Buku Kumpulan Puisi, Cerpen dan Ulasan Sastra Pemenang Lomba.
5.      Penerbitan Buku Kumpulan Puisi dan Cerpen 30 Sastrawan Kalimantan Selatan.
6.      Sastrawan Masuk Sekolah (SMS): Apresiasi Sastra di SLTP/SLTA Kota Banjarmasin.
7.      Sarasehan Puisi, Cerpen dan Ulasan Sastra Pemenang Lomba.
8.      Gelar Sastra Kalimantan Selatan.
9.      Sidang Pleno ASKS IX.

E.     Materi Kegiatan

1.      Lomba Cipta Puisi Nasional ASKS IX
Lomba Cipta Puisi Nasional ASKS IX dimulai sejak diumumkan, ditutup 20 Juli 2012. Setelah lomba ditutup, rapat pertama (penyerahan puisi yang telah disortir kepada) Dewan Juri dilaksanakan Minggu, 22 Juli 2012, Pukul 16.00 WITA. Jumat, 27 Juli 2012, Pukul 16.00 WITA, Dewan Juri menetapkan puisi pemenang. Dewan Juri: Eko Suryadi WS, Micky Hidayat, Roeck Syamsuri Sabri.

2.      Lomba Mengarang Cerpen Nasional ASKS IX
Lomba Mengarang Cerpen Nasional ASKS IX dimulai sejak diumumkan, ditutup 20 Juli 2012. Setelah lomba ditutup, rapat pertama (penyerahan cerpen yang telah disortir kepada) Dewan Juri dilaksanakan Minggu, 22 Juli 2012, Pukul 16.00 WITA. Jumat, 27 Juli 2012, Pukul 16.00 WITA, Dewan Juri menetapkan cerpen pemenang. Dewan Juri: Burhanuddin Soebely, Jamal T. Suryanata, Sandi Firly.

3.      Lomba Mengulas Karya Sastra (LMKS) Kategori Pelajar, Mahasiswa dan Umum Kalimantan Selatan
Sejak dasawarsa lalu hingga kini telah terbit puluhan judul buku kumpulan puisi, cerpen, novel dan drama (berbahasa Indonesia maupun berbahasa Banjar) karya sastrawan Indonesia di Kalimantan Selatan, diterbitkan oleh penerbit lokal/nasional, sebagai hasil sayembara, atau terbit atas prakarsa pribadi penulisnya. Beberapa di antaranya ada yang diulas sekilas di rubrik sastra media cetak lokal, tapi hingga kini belum ada upaya signifikan untuk mengkaji, menelaah dan mengulas buku-buku sastra tersebut secara komprehensif -- agar apresiasi terhadap sastra Indonesia di Kalimantan Selatan lebih terukur. Untuk itu, diadakan Lomba Mengulas Karya Sastra (LMKS) Kategori Pelajar, Mahasiswa dan Umum Kalimantan Selatan, dengan daftar judul buku pilihan sebagai bahan ulasan. LMKS Pelajar, Mahasiswa dan Umum Kalimantan Selatan dimulai sejak diumumkan, ditutup 20 Juli 2012. Setelah lomba ditutup, rapat pertama (penyerahan naskah yang telah disortir kepada) Dewan Juri dilaksanakan Minggu, 22 Juli 2012, Pukul 16.00 WITA. Jumat, 27 Juli 2012, Pukul 16.00 WITA, Dewan Juri menetapkan nominasi pemenang. Sebelum pemenang disahkan, panitia akan mengundang nominator tiga kategori lomba tersebut untuk presentasi di depan Dewan Juri, di tempat dan waktu tersendiri. Nominator yang absen akan didiskualifikasi. Dewan Juri: Rustam Effendi, Sainul Hermawan, Syarifuddin R.

4.      Penerbitan Buku Kumpulan Puisi, Cerpen dan Ulasan Sastra Pemenang Lomba
6 Puisi Terbaik dan 20 Puisi Nominasi (nonperingkat, tanpa hadiah) Lomba Cipta Puisi nasional ASKS IX, 6 Cerpen Terbaik Lomba Mengarang Cerpen Nasional ASKS IX dan 9 Ulasan Sastra Terbaik LMKS Kategori Pelajar, Mahasiswa dan Umum Kalimantan Selatan akan dibukukan.

5.       Penerbitan Buku Kumpulan Puisi dan Cerpen 30 Sastrawan Kalimantan Selatan
Melalui sistem seleksi oleh kurator, puisi dan cerpen 30 sastrawan Kalimantan Selatan terpilih akan dibukukan. Pengumpulan puisi, cerpen, dan proses seleksi berlangsung sampai dengan 20 Juli 2012. Kurator/Editor: Micky Hidayat, Hajriansyah, Y.S. Agus Suseno.

6.      Sastrawan Masuk Sekolah (SMS): Apresiasi Sastra di SLTP/SLTA Kota Banjarmasin
Penyair/sastrawan peserta ASKS IX 13 kabupaten/kota Kalimantan Selatan akan berbagi ilmu dan pengalaman dengan siswa di sekolah. Di saat bersamaan, Sabtu, 15 September 2012, Pukul 08.30 WITA s.d. 12.00 WITA, mereka akan melakukan apresiasi sastra: berceramah, membacakan karya, menginformasikan perkembangan sastra (tulis modern maupun sastra daerah Banjar) Indonesia terkini di Kalimantan Selatan; menyampaikan proses kreatif, teknik baca puisi, kiat menulis puisi, cerpen, novel, cara menerbitkan/memublikasikan karya, dan bertanya jawab dengan siswa SLTP/SLTA Kota Banjarmasin.

7.      Sarasehan Puisi, Cerpen dan Ulasan Sastra Pemenang Lomba
Pemenang Lomba Cipta Puisi Nasional ASKS IX, Lomba Mengarang Cerpen Nasional ASKS IX dan LMKS Kategori Pelajar, Mahasiswa dan Umum Kalimantan Selatan akan diundang untuk menerima hadiah dan menjadi peserta aktif seluruh kegiatan, termasuk sarasehan sastra bersama dewan juri bidang lomba bersangkutan. Narasumber: Eko Suryadi WS, Micky Hidayat, Roeck Syamsuri Sabri, Burhanuddin Soebely, Jamal T. Suryanata, Sandi Firly, Rustam Effendi, Sainul Hermawan, Syarifuddin R.

8.      Gelar Sastra Kalimantan Selatan
Dikoordinir oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bersama Dewan Kesenian dan  komunitas sastra masing-masing, Tim Kesenian 13 kabupaten/kota menampilkan gelar sastra, baik dalam bentuknya yang modern (baca puisi perorangan, pergelaran sastra, musikalisasi puisi) maupun tradisional (basyair, madihin, baturai pantun,balamut). Penampilan bersifat eksibisi (nonlomba), durasi per kabupaten/kota 20 menit.
 
9.      Sidang Pleno ASKS IX
Sastrawan, budayawan, pejabat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bersama pengurus Dewan Kesenian seluruh kabupaten/kota mendiskusikan isu-isu aktual tentang seni, sastra dan budaya, menyampaikan seruan/maklumat/resolusi ke publik; menandatangani dan menyerahkan amanat/mandat/rekomendasi kepada pelaksana ASKS X (2013) dan ASKS XI (2014). Pimpinan Sidang: Eko Suryadi WS, HE. Benyamine, Syarkian Noor Hadie.

F.     Tema Kegiatan
            Kegiatan bertema “Di Kota Seribu Sungai, Seni Budaya Kita Kayuh Baimbai”.

G.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan
            Kegiatan dilaksanakan di panggung terbuka, tepi Sungai Martapura (depan Balai Kota Banjarmasin, Jalan R.E. Martadinata), dan di Gedung Balairung Sari Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Jalan Brigjend. H. Hassan Basry, Banjarmasin, 14-16 September 2012.
LOMBA CIPTA PUISI NASIONAL ASKS IX


1)      Lomba terbuka untuk warga negara Indonesia (WNI), di manapun berada. Puisi ditulis dalam bahasa Indonesia, diketik 1,5 spasi dalam format kuarto (A4), dengan huruf Times New Roman, font 12, tema bebas.

2)      Peserta boleh mengirim lebih dari 1 judul puisi. Peserta dapat mengirim dengan dua cara (pilih salah satu): (a) bagi yang mengirimkan print out-nya, tiap 1 judul puisi dikirim 4 rangkap (1 naskah asli, 3 fotokopi); masukkan sampul tertutup, di kiri atas amplop tulis “Lomba Cipta Puisi ASKS IX”, dikirim lewat pos atau diantar langsung (pada hari/jam kerja) ke Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kota Banjarmasin, Jalan Pangeran Hidayatullah (Lingkar Dalam Banua Anyar) Banjarmasin. Tulis alamat lengkap, e-mail, nomor telepon, biodata penulis dan fotokopi kartu identitas yang masih berlaku. Sertakan CD berisi naskah puisi tersebut. (b) Puisi dan kelengkapan syarat lainnya juga dapat dikirim (dalam 1 folder) ke e-mail asksix.ciptapuisi@gmail.com

3)      Puisi harus karya asli, bukan saduran, jiplakan, terjemahan (ditulis dalam surat pernyataan) dan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun, di media manapun.

4)      Lomba dimulai sejak diumumkan, ditutup 20 Juli 2012, Pukul 12.00 WITA. Dewan Juri akan menetapkan Juara I, Juara II, Juara III; Juara Harapan I, Juara Harapan II dan Juara Harapan III. Selain piagam penghargaan, pemenang akan mendapat hadiah uang tunai, total Rp 7,5 juta. 6 Puisi Terbaik dan 20 Puisi Nominasi (nonperingkat, tanpa hadiah) akan dibukukan bersama 6 Cerpen Terbaik Lomba Mengarang Cerpen Nasional ASKS IX dan 9 Ulasan Sastra Terbaik LMKS Kategori Pelajar, Mahasiswa dan Umum Kalimantan Selatan.

5)      6 (enam) pemenang utama akan diundang untuk menerima hadiah dan menjadi peserta ASKS IX. Akomodasi dan konsumsi selama acara di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, disediakan.

6)      Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan melalui contact person 081521545334,  085249954849, 082159630379.



LOMBA MENGARANG CERPEN NASIONAL ASKS IX

1)      Lomba terbuka untuk warga negara Indonesia (WNI), di manapun berada. Cerpen ditulis dalam bahasa Indonesia, diketik 1,5 spasi dalam format kuarto (A4), dengan huruf Times New Roman, font 12, panjang 5-10 halaman (1500-3000 kata), tema bebas.

2)      Peserta boleh mengirim lebih dari 1 judul cerpen. Peserta dapat mengirim dengan dua cara (pilih salah satu): (a) bagi yang mengirimkan print out-nya, tiap 1 judul cerpen dikirim 4 rangkap (1 naskah asli, 3 fotokopi); masukkan sampul tertutup, di kiri atas amplop tulis “Lomba Mengarang Cerpen Nasional ASKS IX”, dikirim lewat pos atau diantar langsung (pada hari/jam kerja) ke Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kota Banjarmasin, Jalan Pangeran Hidayatullah (Lingkar Dalam Banua Anyar) Banjarmasin. Tulis alamat lengkap, e-mail, nomor telepon, biodata penulis dan fotokopi kartu identitas yang masih berlaku. Sertakan CD berisi naskah cerpen tersebut. (b) Cerpen (dan kelengkapan syarat lainnya) juga dapat dikirim (dalam 1 folder) ke e-mail asksix.mengarangcerpen@gmail.com

3)      Cerpen harus karya asli, bukan saduran, jiplakan, terjemahan (ditulis dalam surat pernyataan) dan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun, di media manapun.

4)      Lomba dimulai sejak diumumkan, ditutup 20 Juli 2012, Pukul 12.00 WITA. Dewan Juri akan menetapkan Juara I, Juara II, Juara III; Juara Harapan I, Juara Harapan II dan Juara Harapan III. Selain piagam penghargaan, pemenang akan mendapat hadiah uang tunai, total Rp 7,5 juta. 6 Cerpen Terbaik akan dibukukan bersama 6 Puisi Terbaik dan 20 Puisi Nominasi Lomba Cipta Puisi Nasional ASKS IX dan 9 Ulasan Sastra Terbaik LMKS Kategori Pelajar, Mahasiswa dan Umum Kalimantan Selatan.

5)      6 (enam) pemenang utama akan diundang untuk menerima hadiah dan menjadi peserta ASKS IX. Akomodasi dan konsumsi selama acara di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, disediakan.

6)      Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan melalui contact person 081521545334, 085249954849, 082159630379.


           
LOMBA MENGULAS KARYA SASTRA (LMKS)
KATEGORI PELAJAR, MAHASISWA DAN UMUM
KALIMANTAN SELATAN

1)      Lomba terbuka untuk pelajar, mahasiswa dan umum, berdomisili di Provinsi Kalimantan Selatan. Ulasan ditulis dalam bahasa Indonesia, diketik 1,5 spasi dalam format kuarto (A4), dengan huruf Times New Roman, font 12, panjang 5-10 halaman (1500-3000 kata).

2)      Ulasan berupa tinjauan kritis, analitis, dalam bentuk esai, resensi, artikel atau karya ilmiah; membahas salah satu buku karya sastrawan Indonesia di Kalimantan Selatan (daftar terlampir). Bagi yang tidak memiliki, buku yang akan diulas bisa diperoleh/dibeli dengan menghubungi nomor telepon yang tercantum di belakang nama penulis/tahun penerbitan. Peserta juga dapat menghubungi panitia dengan mengganti biaya fotokopinya. Ulasan harus karya asli, bukan saduran, jiplakan, terjemahan (ditulis dalam surat pernyataan) dan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun, di media manapun.

3)      Peserta boleh mengirim lebih dari 1 ulasan. Peserta dapat mengirim dengan dua cara (pilih salah satu): (a) Bagi yang mengirimkan print out-nya, tiap 1 ulasan dikirim 4 rangkap (1 naskah asli, 3 fotokopi); masukkan sampul tertutup, di kiri atas amplop tulis “LMKS Kalimantan Selatan” (cantumkan kategori), dikirim lewat pos atau diantar langsung (pada hari/jam kerja) ke Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kota Banjarmasin, Jalan Pangeran Hidayatullah (Lingkar Dalam Banua Anyar) Banjarmasin. Tulis alamat lengkap, e-mail, nomor telepon dan biodata penulis. Untuk pelajar, lampirkan surat keterangan kepala sekolah, fotokopi KTM untuk mahasiswa dan fotokopi kartu identitas yang masih berlaku untuk peserta umum. Sertakan CD berisi naskah ulasan tersebut. (b) Naskah ulasan (dan kelengkapan syarat lainnya) juga dapat dikirim (dalam 1 folder) ke e-mail asksix.lmks@gmail.com

4)      Lomba dimulai sejak diumumkan, ditutup 20 Juli 2012, Pukul 12.00 WITA. Sebelum pemenang disahkan, panitia akan mengundang nominator untuk presentasi di hadapan Dewan Juri, di waktu dan tempat tersendiri. Nominator yang absen akan didiskualifikasi. Dewan Juri akan menetapkan Juara I, Juara II dan Juara III untuk setiap kategori. 9 (sembilan) pemenang utama akan diundang untuk menerima hadiah dan menjadi peserta ASKS IX. Akomodasi dan konsumsi selama acara di Kota Banjarmasin, disediakan.

5)      Selain piagam penghargaan, pemenang akan mendapat hadiah uang tunai, total Rp 10 juta. 9 Ulasan Sastra Terbaik akan dibukukan bersama 6 Puisi Terbaik dan 20 Puisi Nominasi Lomba Cipta Puisi Nasional ASKS IX dan 6 Cerpen Terbaik Lomba Mengarang Cerpen Nasional ASKS IX.

6)      Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan melalui contact person  081521545334, 0852 4995 4849, 082159630379.



GELAR SASTRA
KALIMANTAN SELATAN

1)      Tim Kesenian kabupaten/kota dipersilakan menampilkan apa pun ragam dan bentuk gelar sastra yang dikehendaki. Pilihan terhadap jenis kesenian yang ingin ditampilkan dan penunjukan/pemilihan anggota Tim Kesenian menjadi kewenangan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bersama Dewan Kesenian dan komunitas sastra kabupaten/kota masing-masing.

2)      Tim Kesenian kabupaten/kota akan difasilitasi untuk menampilkan gelar sastra, baik  dalam bentuknya yang modern (baca puisi perorangan, pergelaran sastra, musikalisasi puisi) maupun tradisional (basyair, madihin, baturai pantun,balamut). Penampilan bersifat eksibisi (nonlomba), durasi 20 menit.

3)      Tim Kesenian yang menyajikan seni kolektif (pergelaran sastra, musikalisasi puisi, madihin berpasangan, basyair berpasangan, baturai pantun) menyiapkan sendiri peralatan yang diperlukan (personel maksimal 10 orang). Panitia hanya memfasilitasi tempat pertunjukan.

4)      Pimpinan/perwakilan Tim Kesenian kabupaten/kota melaporkan bentuk kesenian, daftar nama dan jumlah anggota yang akan ditampilkan, menghadiri temu teknis dan orientasi tempat di Gedung Balairung Sari Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Jalan Brigjend. H. Hassan Basry, Banjarmasin, Sabtu, 15 September 2012, Pukul 08.30-12.00 WITA.

5)      Tim Kesenian seluruh kabupaten/kota diharapkan hadir dan tampil tepat waktu, sesuai dengan jadwal kegiatan dan urutan penampilan.

6)      Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan melalui contact person 081521545334, 082159630379, 085249954849.


JADWAL ACARA
ARUH SASTRA KALIMANTAN SELATAN IX

Banjarmasin, 14-16 September 2012


Jumat, 14 September 2012
09.00-15.00 WITA
Registrasi dan penempatan peserta (check in)hotel/penginapan

15.00-17.00 WITA
Temu teknis Sastrawan Masuk Sekolah (SMS): Apresiasi Sastra di SLTP/SLTA Kota Banjarmasin (Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Jalan Brigjend. H. Hassan Basry, Banjarmasin)

19.00-23.00 WITA
1.      Pembukaan (panggung terbuka, pinggir Sungai Martapura, depan Balai Kota Banjarmasin, Jalan R.E. Martadinata)
2.      Sambutan-sambutan
3.      Peluncuran (launching) buku sastra oleh Wali Kota Banjarmasin, sambutan, sekaligus membuka secara resmi ASKS IX
4.      Penyerahan hadiah kepada Juara Lomba Cipta Puisi Nasional ASKS IX, Juara Lomba Mengarang Cerpen Nasional ASKS IX dan Juara Lomba Mengulas Karya Sastra (LMKS) Kategori Pelajar, Mahasiswa dan Umum Kalimantan Selatan
5.      Penyerahan buku ASKS IX kepada wakil-wakil peserta 13 kabupaten/kota
6.      Gelar Sastra Kabupaten Hulu Sungai Selatan
7.      Gelar Sastra Kabupaten Kotabaru
8.      Gelar Sastra Kabupaten Batola
9.      Penutup

Sabtu, 15 September 2012
08.30-12.00 WITA
Sastrawan Masuk Sekolah (SMS): Apresiasi Sastra di SLTP/SLTA Kota Banjarmasin
1.      SMA Negeri 1 Banjarmasin
2.      SMA Negeri 2 Banjarmasin
3.      SMA Negeri 7 Banjarmasin
4.      SMP Negeri 1 Banjarmasin
5.      SMP Negeri 2 Banjarmasin
6.      SMP Negeri 9 Banjarmasin
7.      MTsN Mulawarman Banjarmasin
8.      SMK Negeri 1 Banjarmasin
9.      MAN 2 Model Banjarmasin
10.  SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin
11.  SMA KORPRI Banjarmasin
12.  SMA Sabilal Muhtaddin Banjarmasin

08.30-12.00 WITA
Orientasi tempat Gelar Sastra Kalimantan Selatan (Gedung Balairung Sari Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Jalan Brigjend. H. Hassan Basry Banjarmasin)

13.30-18.00 WITA
Sarasehan Puisi, Cerpen dan Ulasan Sastra Pemenang Lomba ASKS IX (Gedung Balairung Sari Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Jalan Brigjend. H. Hassan Basry Banjarmasin)
Narasumber: 
1.      Eko Suryadi WS
2.      Micky Hidayat
3.      Roeck Syamsuri Sabri
4.      Burhanuddin Soebely
5.      Jamal T. Suryanata
6.      Sandi Firly
7.      Rustam Effendi
8.      Sainul Hermawan
9.      Syarifuddin R.
Pemandu:
Nailiya Nikmah JKF

20.00-23.00 WITA
Gelar Sastra Kalimantan Selatan (Gedung Balairung Sari Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Jalan Brigjend. H. Hassan Basry Banjarmasin)
1.      Kabupaten Tabalong
2.      Kabupaten Balangan
3.      Kabupaten Hulu Sungai Tengah
4.      Kabupaten Hulu Sungai Utara
5.      Kabupaten Tapin
6.      Kabupaten Tanah Bumbu
7.      Kabupaten Tanah Laut
8.      Kabupaten Banjar
9.      Kota Banjarbaru
10.  Kota Banjarmasin

Minggu, 16 September 2012
08.30-12.00 WITA
Sidang Pleno ASKS IX (Gedung Balairung Sari Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Jalan Brigjend. H. Hassan Basry Banjarmasin)
Pimpinan Sidang: Eko Suryadi WS, HE. Benyamine, Syarkian Noor Hadie

12.00-13.30 WITA
ISHOMA

13.30-14.30 WITA
Penutupan

18.00- WITA
Peserta check out


Daftar Pilihan Buku Lomba Mengulas Karya Sastra (LMKS)
Kategori Pelajar, Mahasiswa dan Umum
Kalimantan Selatan


PUISI
 
CERPEN

NOVEL

DRAMA

Silir Pulau Dewata, Drs. Akhmad Tajuddin, M.Si [2003] (082158919945)

La Ventre de Kandangan, Mosaik Sastra HSS 1937-2003 [2004] (08125021804)

Tanah Perjanjian, Ajamuddin Tifani [2005] (081348829145)

Di Batas Laut, Eko Suryadi WS [2005] (085821035088)

Nyanyian Seribu Burung, Arsyad Indradi [2006] (085821035088)

Garunum, Antulugi Puisi Basa Banjar, Hamami Adaby, Arsyad Indradi, Ersis Warmansyah Abbas, Rudy Resnawan, Dewa Pahuluan [2006]

Kaduluran, Hamami Adaby [2006]

Jejak-Jejak Angin, Kumpulan Puisi Hajriansyah dan M. Nahdiansyah Abdi [2007] (085248955593)

Mahligai Junjung Buih, Antologi Puisi dan Cerpen Sastrawan Hulu Sungai Utara, ASKS IV Kabupaten Hulu Sungai Utara [2007]

Meditasi Rindu, Sajak-sajak Pilihan 1980-2008Micky Hidayat [2008] (082149652892)

Lelaki Kembang Batu, Eza Thabry Husano [2008]


Tarian Cahaya di Bumi Sanggam, Bunga Rampai Puisi ASKS V Kabupaten Balangan [2008] (085821035088)

Bertahan di Bukit Akhir, Antologi Puisi Penyair Hulu Sungai Tengah [2008] (081351128514)

Di Jari Manismu Ada Rindu, Hamami Adaby [2008]

Pistol Air, M. Nahdiansyah Abdi [2008] (085248955593)

Malaikat Hutan Bakau [2008]

Pewaris Tunggal Istana Pasir, M. Nahdiansyah Abdi [2009] (081348029470]

Badai Gurun dalam Darah, Ibramsyah Amandit [2009] (081349503031)

Sebatung, Melukis dalam Kaca, M. Sulaiman Najam [2009] (0811512459)

Debur Ombak Guruh Gelombang, Sajak-sajak 1993-2002 Jamal T. Suryanata [2009] (085248296080)

Istana Daun Retak, Ali Syamsuddin Arsy [2010] (081351696235)

Elegi Negeri Seribu Ombak, Eko Suryadi WS [2010] (0811512459)

Konser Kecemasan, Sajak-sajak Peduli Lingkungan Hidup Penyair Kalimantan Selatan [2010] (082149652892)

Petualang Tanah Kering, Kumpulan Puisi Penyair Tapin [2010] (082158949883)

Syair Rumah, Roeck Syamsuri Sabri [2010] (08125021298)

Menyampir Bumi Leluhur, Bunga Rampai Puisi ASKS VII Kabupaten Tabalong [2010] (081351574466)

Badai 2011, Hamami Adaby [2011]

Doa Banyu Mata, Kumpulan Puisi Bahasa Banjar Abdurrahman El Husaini [2011] (081349551589)

Pendulang, Hutan Pinus, dan Hujan [2011] (085821035088)

Tragedi Buah Manggis, Antologi Puisi Penyair Tanah Bumbu [2011] (085821035088)

Seloka Bisu Batu Benawa, Bunga Rampai Puisi ASKS VIII Kabupaten Hulu Sungai Tengah [2011] (081351128514)




Galuh, Sakindit Kisdap Banjar, Jamal T. Suryanata  [2005] (085248296080)

Bulan di Pucuk Cemara, Kumpulan Cerpen Jamal T. Suryanata [2006] (085248296080)

Kau Tidak Akan Pernah Tahu, Rahasia Sedih Tak Bersebab, Antologi Sastra Pemenang Lomba Penulisan Puisi dan Cerpen ASKS III 2006 [2006]

Orkestra Wayang, Antologi Cerpen Sastrawan Hulu Sungai Selatan [2007] (085249954849)

Dongeng Kesetiaan, Ratih Ayuningrum
[2008] (085251268654)

Nyanyian Tanpa Nyanyian, Kumpulan Cerita Pendek Pengarang Perempuan Kalimantan Selatan [2008] (085248955593]

Perempuan yang Memburu Hujan, Harie Insani Putra dan Sandi Firly [2008] (08125020503)

Darah Penanda, Antologi Sastra Pemenang Lomba Menulis Puisi dan Cerpen Dewan Kesenian Kota Banjarbaru [2008]

Angin Besar Menggerus Ladang-Ladang Kami, Kumpulan Cerpen Hajriansyah [2009] (085248955593)

Bintang Kecil di Langit yang Kelam, Kumpulan Cerita Pendek Jamal T. Suryanata [2009] (085248296080)


Magnet Baitullah, Antologi Cerpen dari Tanah Suci M. Hasbi Salim [2010] (085214751701)

Rindu Rumpun Ilalang, Nailiya Nikmah JKF [2010] (08125109312)

Pelajaran Bahasa, Kumpulan Cerita Pendek Sainul Hermawan [2010] (081348905090)

Manyanggar Banua, Bunga Rampai Puisi dan Cerita Pendek Bahasa Banjar Pemenang Lomba ASKS VII Kabupaten Tabalong [2010] (081351574466)

Pelangi di Pelabuhan, Antologi Cerpen FLP Kalimantan Selatan [2011] (08125109312)

Balian Jazirah Anak Ladang, Bunga Rampai Puisi dan Cerita Pendek Pemenang Lomba ASKS VIII Kabupaten Hulu Sungai Tengah [2011]  (081351128514)

Rahasia Perkawinan Sang Bintang, Aliansyah Jumbawuya (2010)
 

Palas, Aliman Syahrani [2004] (08125060259)

Bahara Mingsang Idang Siritan, Burhanuddin Soebely [2005]
 (08125021804)

Gadis Dayak, Setia Budhi (2006)

Jazirah Cinta, Randu Alamsyah (2006)

Rumah Debu, Sandi Firly [2010] (08125020503)

Seteguk Rindu, Hamami Adaby (2011)



 

Bulan Emas Ular Betina,
Lima Drama Adjim Arijadi
[2010] (081348829145)

Genta Panjang Perang Banjar,
Enam Drama Perang Banjar
Adjim Arijadi [2010] (081348829145)

Posting tentang ASKS ini sebenarnya telah ada namun kurang lengkap dan berhubung pihak blogsastra mendapatkan email tentang kejelasanya maka dengan senang hati blogsastra memposting ulang dengan lebih lengkap agar bisa memberikan informasi selengkap-lengkapnya, terimakasih untuk yang telah mengirim email kejelasan tentang kegiatan ASKS ini semoga mendapat rahmat selalu dari Tuhan Yang Maha Esa.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : ARUH SASTRA KALIMANTAN SELATAN IX

0 comments:

Post a Comment