Sastra Dan Studi Marxsis

Sebelumnya blogsastra mengucapkan selamat berjumpa lagi, kali ini memberikan sebuah ebook teori sastra menurut marxis yang sebenarnya adalah sebuah makalah/tinjauan ataupun pengajaran dari sebuah universitas, namun saya menemukanya dibagikan secara gratis dan yang jelas Universitas ini bisa dipertanggungjawabkan keabsahanya tentang ilmu sastra sebab tinjauan sangat luas dan ebook ini dalam bahasa Indonesia kok mudah anda pelajari.

Dan ini adalah penggalan isi dalam ebook sastra menurut marxis

Pengertian Teori Sastra
Secara umum, yang dimaksudkan dengan teori adalah suatu sistem ilmiah atau pengetahuan sistematik yang menetapkan pola pengaturan hubungan antara gejala-gejala yang diamati.
Teori berisi konsep atau uraian tentang hukum-hukum umum suatu objek ilmu pengetahuan dari sudut pandang tertentu.
Suatu teori dapat dideduksi secara logis dan dicek kebenarannya atau dibantah kesahihannya
pada objek atau gejala yang diamati tersebut.

Menurut Rene Wellek dan Austin (1993: 37-46) dalam wilayah sastra perlu terlebih dahulu ditarik perbedaan antara sastra di satu pihak dengan teori sastra, kritik sastra, dan sejarah sastra di pihak lain. Sastra adalah suatu kegiatan kreatif.
Sedangkan teori sastra, kritik sastra, dan sejarah sastra merupakan cabang ilmu sastra. Teori sastra adalah studi prinsip, kategori, kriteria yang dapat diacu dan dijadikan titik tolak dalam telaah di bidang sastra. Sedangkan studi terhadap karya konkret disebut kritik sastra dan sejarah sastra. Ketiganya berkaitan erat
sekali. Tidak mungkin kita menyusun teori sastra tanpa kritik sastra dan teori sastra, kritik sastra tanpa teori sastra dan sejarah sastra (Wellek & Warren, 1993: 39).

Ruang Lingkup
Ruang lingkup sastra (literature) adalah kreativitas penciptaan, sedangkan ruang lingkup studi sastra (literary studies) adalah ilmu dengan sastra sebagai objeknya. Sastra, dengan demikian berfokus pada kreativitas, sedangkan studi sastra berfokus pada ilmu.
Pertanggungjawaban studi sastra adalah logika ilmiah. Karena ruang lingkup sastra adalah kreativitas penciptaan, maka karya sastra (puisi, drama, novel, cerpen) adalah sastra.
Namun, karena kritik sastra juga merupakan kreativitas dalam menanggapi karya sastra dan masalah kreativitas penciptaan lain dalam sastra, maka kritik sastra dalam bentuk esai tidak lain adalah sastra juga. Kritik sastra yang benar bukanlah kritik sastra yang asal-asalan, tetapi berlandaskan pada logika yang dapat dipertanggungjawabkan.

ini adalah penggalan prakata dalam ebook yang berjudul Teori sastra Marxsis jika kalian berniat atau ingin membacanya lebih lengkap dan mempelajari teori sastra dalam sudut pandang siapapun silahkan download di sini secara gratis.

Comments

  1. e-book yang membuat penasaran, pingin tahu kaitan sastra dan marxsis :)

    ReplyDelete
  2. halo mas, saya juga baru mbaca nih.. apa kaitanya emang kayaknya asik nih buku buat nambah pengetahuan sastra.. salam dan makasih sudah mampir mas :)

    ReplyDelete
  3. berangkat ke TKp, lewat adf dlu muter2 hehehe

    ReplyDelete
  4. halo mas... hehe mohon maklum sebab blog sastra belum punya donatur jadi harus swasembada dengan berbagai cara... jika sudah punya donatur nantinya ndak akan ada lagi adfly adflyan dan iklan iklanan dari program ngenet... semua full berbagi tanpa nebeng :0 mohon maaf dan mohon maklum mas :)

    ReplyDelete
  5. wah silahkan gan, dan saya sebagai admin merasa senang :) @Alprablog™

    ReplyDelete
  6. berkunjung sob..salam blogger
    sukses selalu yah..:)

    ReplyDelete
  7. sama sama makasih lo mas :) sudah mau download :)@SINDIKAT KIRI MOVEMENT

    ReplyDelete
  8. gua jadi ngerti sama sastra.. info mantab bro..

    ReplyDelete
  9. yoi bro sama sama sambil belajar bersama kita juga berbagi :)@Desain Grafis

    ReplyDelete

Post a Comment