blog tentang segala yang asik dan menarik

Thursday, November 10, 2011

Ebook Praktis Bahasa Sastra Indonesia

Sebelumnya terimakasih blogsastra ucapkan kepada Tuhan YME yang masih memberikan waktu untuk berbagi dalam bidang sastra, kedua blogsastra ucapkan terimakasih kepada wikipedia yang telah mempersilahkan untuk mengunduh file sastra ini secara legal.

Walhasil blogsastra akan bagikan juga kepada kawan-kawan sekalian yang masih pemula atau sudah tingkat menengah ke atas dalam bidang sastra khususnya puisi, semoga ebook ini bisa membantu dalam pembelajaran ataupun pencarian hal yang hilang.


Ebook Praktis Bahasa Sastra ndonesia

Mengenal Nilai Sastra 

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar istilah sastra atau karya sastra: prosa atau puisi. Dengan membaca karya sastra, kita akan memperoleh "sesuatu" yang dapat memperkaya wawasan dan/atau meningkatkan harkat hidup.
Dengan kata lain, dalam karya sastra ada sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan. Karya sastra (yang baik) senantiasa mengandung nilai. Nilai itu dikemas dalam wujud struktur karya sastra, yang secara implisit terdapat dalam alur, latar, tokoh, tema, dan amanat atau di dalam larik, kuplet, rima, dan irama.

Nilai yang terkandung dalam karya sastra itu, antara lain, adalah sebagai berikut:
(1) nilai hedonik, yaitu nilai yang dapat memberikan kesenangan secara langsung kepada pembaca;
(2) nilai artistik, yaitu nilai yang dapat memanifestasikan suatu seni atau keterampilan dalam melakukan suatu pekerjaan;
(3) nilai kultural, yaitu nilai yang dapat memberikan atau mengandung hubungan yang mendalam dengan suatu masyarakat, peradaban, atau kebudayaanl;
(4) nilai etis, moral, agama, yaitu nilai yang dapat memberikan atau memancarkan petuah atau ajaran yang berkaitan dengan etika, moral, atau agama;
(5) nilai praktis, yaitu nilai yang mengandung hal-hal praktis yang dapat diterapkan dalam kehidupan nyata sehari-hari.

Sastra Bernuansa Sejarah 

Peristiwa masa silam tidak mungkin berulang lagi. Benarkah pandangan itu? Secara sekilas, pandangan itu dapat kita terima. Namun, pola kejadiaanya mungkin saja tampil pada masa kini atau pada masa yang akan datang. Agaknya itulah yang menyebabkan timbulnya ungkapan "kita perlu belajar pada sejarah" karena peristiwa pada masa lampau dapat memberikan hikmah pada kehidupan masa kini atau pada hari esok.

  
Atau


Untuk selengkapnya silahkan download dan selamat belajar

Artikel terkait

Download kamus besar bahasa Indonesia 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ebook Praktis Bahasa Sastra Indonesia

1 comments: